Iklan Lazada

Tape - Makanan Hasil Fermentasi Singkong dan Ketan

Sumber : Sukamasak
Tapai (tape) adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang dihasilkan dari proses fermentasi singkong dan ketan. Tapai yang dibuat dari singkong atau ubi kayu dinamakan tapai singkong. Jika dibuat dari ketan hitam atau ketan putih disebut tapai pulut atau tapai ketan. Rasanya manis serta memiliki aroma yang menggoda.
Tapai juga bisa terdiri dari berbagai warna, warna merah yang berasal dari angkak atau warna hijau yang berasal dari ekstrak daun pandan.Fermentasi tapai dapat meningkatkan kandungan vitamin B1 (tiamina) hingga tiga kali lipat.
Vitamin ini diperlukan oleh sistem saraf, sel otot, dan sistem pencernaan agar dapat berfungsi dengan baik. Kelebihan lain dari tapai adalah kemampuannya mengikat dan mengeluarkan aflatoksin (zat toksin atau racun) dari tubuh.
Tape singkong merupakan sumebr energi yang cukup potensial. Kandungan energi dari 100 gram tape singkong hampir sama dengan nasi. Sedangkan kadar lemak dan protein, umumnya lebih rendah.Kreasi masakan yang menggunakan Tapai :Es campur, Wajik, Dodol, Es Doger, Colenak.

Aneka resep makanan yang menggunakan tape:
Prol Tape Bondowoso, Bolu Tape Singkong, Tape Jahe




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...